Review HP Poco F4 GT dengan Poco F3, Mana yang Lebih Unggul?

Poco adalah salah satu merek ponsel pintar yang cukup populer di kalangan anak muda, terutama para pecinta game. Poco dikenal sebagai merek yang menawarkan spesifikasi gahar dengan harga terjangkau. Salah satu seri yang paling diminati adalah seri Poco F, yang merupakan seri flagship dari Poco. Pada tahun 2022, Poco meluncurkan dua ponsel andalan dari seri ini, yaitu Poco F4 GT dan Poco F3. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang sangat menggiurkan, namun juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu, mana yang lebih unggul di antara keduanya? Simak review hp poco POCO F4 GT dengan Poco F3 berikut ini.

Desain dan Layar

Poco F4 GT dan Poco F3 memiliki desain yang cukup mirip, yaitu berbentuk persegi panjang dengan sudut-sudut yang melengkung. Kedua ponsel ini juga memiliki bingkai yang tipis di sekeliling layarnya, serta lubang kamera depan di bagian tengah atas. Namun, ada beberapa hal yang membedakan desain keduanya, yaitu:

  • Poco F4 GT memiliki ukuran yang lebih besar dan berat, yaitu 161,9 x 76,9 x 8,5 mm dan 210 gram, sedangkan Poco F3 memiliki ukuran 163,7 x 76,4 x 7,8 mm dan 196 gram.
  • Poco F4 GT memiliki tombol pop-up di sisi kanan dan kiri bodinya, yang berfungsi sebagai kontroler tambahan saat bermain game. Tombol ini dapat ditekan dan dilepas sesuai keinginan pengguna. Poco F3 tidak memiliki fitur ini.
  • Poco F4 GT memiliki lampu flash LED dual-tone di bagian belakang, sedangkan Poco F3 hanya memiliki lampu flash LED tunggal.
  • Poco F4 GT memiliki warna pilihan yang lebih beragam, yaitu Stealth Black, Predator Silver, dan Gunmetal Grey, sedangkan Poco F3 hanya memiliki warna pilihan Night Black, Arctic White, dan Deep Ocean Blue.

Untuk layar, Poco F4 GT dan Poco F3 sama-sama menggunakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Layar ini memiliki aspek rasio 20:9, kerapatan piksel 395 ppi, dan refresh rate 120 Hz. Layar ini juga mendukung standar warna 10 bit, gamut warna DCI-P3, dan HDR10+. Layar ini sangat tajam, cerah, dan responsif, serta mampu menampilkan warna yang akurat dan kontras yang tinggi. Layar ini juga dilindungi oleh kaca anti gores Gorilla Glass Victus untuk Poco F4 GT dan Gorilla Glass 5 untuk Poco F3.

Performa dan Baterai

Poco F4 GT dan Poco F3 memiliki performa yang sangat tinggi, terutama untuk bermain game. Poco F4 GT ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, yang merupakan chipset flagship terbaru dan tercanggih dari Qualcomm. Chipset ini memiliki prosesor octa-core dengan kecepatan hingga 2,84 GHz, serta GPU Adreno 660. Chipset ini dibuat dengan teknologi 4 nm, yang membuatnya lebih hemat daya dan lebih dingin. Poco F4 GT juga dilengkapi dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.

Poco F3 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 870, yang merupakan chipset flagship kelas menengah dari Qualcomm. Chipset ini memiliki prosesor octa-core dengan kecepatan hingga 3,2 GHz, serta GPU Adreno 650. Chipset ini dibuat dengan teknologi 7 nm, yang juga cukup efisien dan stabil. Poco F3 juga dilengkapi dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Dari segi performa, Poco F4 GT tentu lebih unggul dari Poco F3, karena memiliki chipset yang lebih baru dan lebih kencang, serta RAM yang lebih besar. Poco F4 GT mampu menjalankan game-game berat dengan lancar dan tanpa lag, serta mendukung fitur-fitur canggih seperti ray tracing dan variable rate shading. Poco F4 GT juga memiliki skor AnTuTu yang lebih tinggi, yaitu 1.035.000, sedangkan Poco F3 memiliki skor AnTuTu sebesar 714.008.

Namun, Poco F3 juga tidak kalah hebat, karena chipset Snapdragon 870 juga merupakan chipset yang sangat kuat dan mampu bersaing dengan chipset flagship lainnya. Poco F3 juga bisa menjalankan game-game berat dengan mulus dan stabil, serta mendukung fitur-fitur seperti HDR dan 5G. Poco F3 juga memiliki performa yang lebih konsisten, karena tidak mudah panas dan mengalami thermal throttling.

Untuk baterai, Poco F4 GT dan Poco F3 sama-sama memiliki kapasitas baterai sebesar 4.700 mAh, yang cukup besar untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kedua ponsel ini juga mendukung fitur pengisian cepat, yaitu 67W untuk Poco F4 GT dan 33W untuk Poco F3. Dengan fitur ini, Poco F4 GT bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 42 menit, sedangkan Poco F3 bisa terisi penuh dalam waktu sekitar 52 menit.

Kamera dan Fitur Lainnya

Poco F4 GT dan Poco F3 memiliki kamera belakang yang terdiri dari tiga buah, yaitu kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera makro. Namun, ada perbedaan pada resolusi kamera utamanya, yaitu 64 MP untuk Poco F4 GT dan 48 MP untuk Poco F3. Kamera utama ini memiliki aperture f/1.9 untuk Poco F4 GT dan f/1.8 untuk Poco F3. Kamera ultrawide dan kamera makro memiliki resolusi yang sama, yaitu 8 MP dan 2 MP, serta aperture f/2.2 dan f/2.4.

Dari segi kualitas foto, Poco F4 GT dan Poco F3 sama-sama mampu menghasilkan foto yang bagus dan detail, dengan warna yang cerah dan natural, serta dynamic range yang luas. Namun, Poco F4 GT memiliki keunggulan pada resolusi yang lebih tinggi, sehingga foto yang dihasilkan lebih tajam dan bisa di-zoom tanpa pecah. Poco F4 GT juga memiliki lampu flash LED dual-tone, yang bisa memberikan pencahayaan yang lebih baik dan lebih natural.

Untuk kamera depan, Poco F4 GT dan Poco F3 memiliki resolusi yang sama, yaitu 16 MP, dengan aperture f/2.5. Kamera depan ini bisa digunakan untuk selfie dan video call, dengan hasil yang cukup baik dan natural. Kamera depan ini juga mendukung fitur beautification, yang bisa membuat wajah pengguna lebih halus dan cantik.

Untuk kualitas video, Poco F4 GT dan Poco F3 sama-sama bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K, namun dengan frame rate yang berbeda. Poco F4 GT bisa merekam video 4K dengan frame rate 60 fps, sedangkan Poco F3 hanya bisa merekam video 4K dengan frame rate 30 fps. Dengan frame rate yang lebih tinggi, Poco F4 GT bisa menghasilkan video yang lebih mulus dan realistis, serta mendukung fitur slow motion. Poco F4 GT dan Poco F3 juga mendukung fitur stabilisasi gambar, yang bisa mengurangi getaran dan goyangan saat merekam video.

Selain kamera, Poco F4 GT dan Poco F3 juga memiliki fitur-fitur lainnya yang menarik, seperti:

  • Kedua ponsel ini mendukung konektivitas 5G, yang bisa memberikan kecepatan internet yang sangat cepat dan stabil, serta mendukung cloud gaming dan streaming video
  • Kedua ponsel ini memiliki fitur NFC, yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran nirkabel, transfer data, dan koneksi dengan perangkat lain yang mendukung NFC.
  • Kedua ponsel ini memiliki fitur IR blaster, yang bisa digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik lain yang memiliki remote control, seperti TV, AC, dan DVD player.
  • Kedua ponsel ini memiliki fitur stereo speaker, yang bisa menghasilkan suara yang keras dan jernih, serta¬† mendukung Dolby Atmos dan Hi-Res Audio.
  • Kedua ponsel ini memiliki fitur sidik jari di layar, yang bisa digunakan untuk membuka kunci ponsel dengan cepat dan aman, serta mendukung fitur face unlock.
  • Kedua ponsel ini memiliki fitur MIUI 12.5, yang merupakan antarmuka pengguna dari Poco yang berbasis Android 11. MIUI 12.5 memiliki tampilan yang minimalis dan elegan, serta fitur-fitur yang menarik dan berguna, seperti mode gelap, mode satu tangan, mode game, mode floating window, dan lain-lain.

Harga dan Kesimpulan

Poco F4 GT dan Poco F3 memiliki harga yang cukup berbeda, yaitu:

  • Poco F4 GT dibanderol dengan harga Rp 8.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.
  • Poco F3 dibanderol dengan harga Rp 5.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Dari harga tersebut, terlihat bahwa Poco F4 GT memiliki harga yang lebih mahal dari Poco F3, namun juga memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Poco F4 GT adalah ponsel yang cocok untuk kamu yang menginginkan performa maksimal, terutama untuk bermain game. Poco F4 GT memiliki chipset terbaru dan tercanggih, RAM yang besar, tombol pop-up, dan lampu flash LED dual-tone, yang bisa memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa.

Namun, Poco F3 juga tidak kalah menarik, karena memiliki harga yang lebih terjangkau, namun juga memiliki spesifikasi yang sangat baik. Poco F3 adalah ponsel yang cocok untuk kamu yang menginginkan performa tinggi, namun juga hemat biaya. Poco F3 memiliki chipset yang kuat dan stabil, RAM yang cukup, dan lampu flash LED tunggal, yang bisa memberikan performa yang konsisten dan andal.

Jadi, mana yang lebih unggul di antara Poco F4 GT dan Poco F3? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan preferensimu . Kedua ponsel ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Yang pasti, kedua ponsel ini adalah ponsel yang sangat bagus dan layak untuk dimiliki.

Demikianlah artikel review hp poco POCO F4 GT dengan Poco F3 yang saya buat. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih ponsel yang sesuai dengan keinginan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Check Also

Review Smart Brand 7, Smartphone Canggih yang Bikin Kamu Makin Keren

Kamu pasti sudah tahu dong kalau smart brand 7 adalah smartphone terbaru yang lagi hits …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *