Tips Buat Kamu yang Memakai WordPress dengan Hosting Gratis untuk Website

Tips Buat Kamu yang Memakai WordPress dengan Hosting Gratis untuk Website

Tips Buat Kamu yang Memakai WordPress dengan Hosting Gratis untuk Website

Hosting gratis pastinya akan digunakan oleh Anda yang sedang mengelola website, apalagi ada layanan WordPress yang sangat user-friendly dan populer. Penyediaan opsi untuk hosting gratis, tanpa dipungut biaya dapat membuat Anda mampu mengelola website dengan baik. Guna mengatasi kekurangan dari hosting gratis, berikut adalah sejumlah tips yang bisa diikuti. 

Cara Instal WordPress untuk Hosting Gratis

Tidak hanya memperhatikan dari segi gratisnya saja, Anda juga harus melihat desain, support, dan fitur untuk penggunaan di dalamnya. WordPress sendiri sebetulnya menyediakan tiga plan yang bisa dipilih untuk menyesuaikan budget dan kebutuhan, yakni sebagai berikut.

  • Free plan yang seperti namanya, tidak memungut biaya apapun dan cocok untuk pemula. 
  • Plan blogger profesional yang dibanderol dengan harga $99.
  • Plan selanjutnya ini adalah penggunaan WordPress untuk e-commerce. Biaya administrasinya sendiri dapat mencapai $299. 

Kalau sudah menentukan plan mana yang akan Anda pilih, segera lanjutkan untuk melakukan pengunduhan WordPress. Menginstal WordPress juga ternyata sangat mudah dari apa yang Anda bayangkan, bahkan untuk level pemula atau awam sekalipun. 

Pengunduhan WordPress dapat dilakukan melalui dua cara. Anda bisa mencoba cara pertama atau dengan menggunakan Auto Installer. 

  • Langkah pertama adalah dengan melakukan penginstalan dan membuat akun. Lanjutkan dengan memverifikasi email dan coba lah untuk login pada Cpanel Anda. Fitur ini bisa Anda lihat dengan cara melakukan instalasi WordPress di cPanel. 
  • Cara kedua adalah dengan menggunakan hosting gratis atau melalui cara manual. Memakai cara yang manual memang cukup sulit, tetapi Anda akan mendapatkan kelebihannya sendiri. Kelebihannya adalah dapat melakukan penginstalan untuk versi ter-update. 
  • Setelah file WordPress sudah berhasil Anda unduh, segera lakukan compress file untuk ZIP dalam mempermudah FTP alias File Transfer Protocol. Jangan lupa untuk melakukan pengaktifan pada FileZilla dan cari kredensi milik Anda di pengaturan umum. 
Baca Juga   Jangan Lewatkan Ini Saat Memilih Web Hosting Terbaik

Anda harus bisa melengkapi hostname, password, dan juga username. Usahakan untuk tidak menggunakan kata yang sama dengan pengguna website lainnya. Anda bisa menggunakan kata sandi yang sulit supaya website WordPress tetap aman. 

Kalau sudah selesai melengkapi data, Anda bisa mengecek kredensi dan masukkan pada corresponding FileZilla. Guna menyelesaikan proses instal website WordPress, Anda harus menjalankannya sesuai instruksi yang diberikan. 

Jika sudah berhasil, Anda bisa mengecek pada akhir halaman dan mendapatkan pilihan untuk login ke situs baru. Dengan begitu, WordPress untuk hosting gratis sudah bisa digunakan.

Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting Gratis

Tanpa disadari, Anda sudah mendapatkan rekomendasi terbaik untuk memakai WordPress hosting gratis. Salah satu keunggulan yang paling disukai oleh pengguna adalah memiliki fitur responsive mobile sites.

Itu artinya, website WordPress dapat digunakan untuk bentuk dan ragam pada screen smartphone. Keunggulan lainnya adalah Anda dapat melakukan custom design yang artinya WordPress menawarkan tampilan dengan tema, tulisan, atau animasi untuk mempercantik tampilan. 

Nah, pengguna juga pastinya kan menyukai keunggulan dari segi SEO friendly. Dengan memenuhi standar SEO friendly, website Anda dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Ada sejumlah keunggulan lainnya, seperti high security, powerful media management, dan message on the go yang bisa digunakan.

Nah, setelah mengetahui tipsnya dengan memilih plan melakukan penginstalan, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hosting gratis yang disebutkan. Jangan lupa untuk mengelola website dengan baik dan dapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.