Mengenal Dana Tabarru’ dan Tujuan Asuransi Syariah

Mengenal Dana Tabarru’ dan Tujuan Asuransi Syariah

Mengenal Dana Tabarru’ dan Tujuan Asuransi Syariah

Mengenal dana tabarru’ dan tujuan asuransi syariah – Setelah anda memahami apa itu asuransi syariah. Berikutnya, kita akan mengenal dana tabarru’ dan tujuan dari asuransi syariah.

Dalam kegiatan asuransi, perusahaan asuransi akan mengumpulkan dana dari peserta berupa iuran. Dana inilh yang nanatinya akan menjadi dana klaim peserta. Jika peserta tersebut mengalami musibah.

Nah, pada asuransi syariah dana tersebut mempunyai sebutan dana Tabarru’. Bagaimanakah dana tabarru’ tersebut? Simak ulasan berikut.

Mengenal Dana Tabarru’

Seperti yang sudah kita singgung tadi, bahwasanya perusahaan asuransi syariah sebagai pengelola akan menerima dana kontribusi dari peserta. Nah, peserta akan menghibahkan sejumlah sebagian atau seluruh dana kontribusi kepada pengelola sebagai dana tabarru’.

Apa itu dana Tabarru’? Dana Tabarru’ adalah sejumlah kontribusi dari peserta kepada pengelola yang akan digunakan sebagai klaim asuransi. Dana inilah yang berperan sebagai santunan apabila ada salah satu peserta yang terkena musibah.

Contohnya, jika ada peserta yang meninggal dunia, sakit, maupun kecelakaan. Maka, peserta asuransi syariah akan melakukan klaim. Klaim tersebut berasal dari dana tabarru’ yang sudah terkumpul.

Perusahaan sebagai pengelola dana tabarru’ tidak serta merta dapat menginvestasikan dana tersebut pada instrumen- instrumen investasi. Perusahaan asuransi syariah hanya boleh menginvestasikan dana tersebut pada investasi yang tidak bertentangan dengan syariah atau aturan islam.

Dengan kata lain, ada aturan khusus dalam pengelolaan dana Tabarru’ tersebut. Secara sederhana, dana tabarru’ merupakan dana yang disetorkan peserta untuk membantu atau menolong peserta lain yang terkena musibah.

Sesuai dengan prinsip asuransi syariah, bahwa asuransi bersifat sharing risk. Peserta asuransi saling tolong menolong untuk membantu peserta lain yang terkena musibah dalam bentuk dana tabarru’. Bagaimana, sudah paham?

Baca Juga   Daftar Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

Tujuan Asuransi Syariah

Selanjutnya, kita akan beralih pada tujuan asuransi syariah. Ada beberapa tujuan asuransi syariah, berikut ulasannya.

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Umat

Tujuan yang pertama dan paling utama dari asuransi syariah yaitu meningkatkan kesejahteraan umat. Asuransi syariah memiliki konsep yang berbeda dengan asuransi lainnya.

Untuk kesejahteraan umat, maka asuransi syariah tidak bersifat profit oriented atau mendapatkan laba yang besar. Lebih dari itu, asuransi syariah menjunjung tinggi kesejahteraan uamat sebagai peserta asuransi syariah.

  1. Tolong Menolong (Sharing of Risk)

Sesuai dengan prinsipnya, asuransi syariah bertujuan untuk tolong menolong dalam kebaikan. Ketika salah satu peserta mengalami musibah, maka peserta lainnya ikut membantu dalam bentuk dana tabarru’.

Tidak ada istilah pemisahan dana pribadi, semua peserta berkontribusi untuk membantu peserta yang terkena musibah akibat dari risiko.

  1. Sebagai Sarana Ibadah

Asuransi syariah sesuai dengan aturan islam. Sehingga, dalam pelaksanaannya bisa menjadi sarana ibadah. Sebagai umat muslim, kita bisa saling tolong menolong. Tolong menolong merupakan salah satu bentuk ibadah.

Selain itu, peserta asuransi juga membayar zakat. Itulah mengapa asuransi syariah bertujuan sebagai sarana ibadah.

  1. Mengelola Dana secara Transparan dan Jujur

Perusahaan asuransi syariah akan mengelola dana secara transparan dan jujur. Karena bertindak sebagai pengelola atau pihak kepercayaan. Maka, perusahaan asuransi tidak sembarang melakukan pemotongan terhadap dana tersebut.

Ada perjanjian khusus yang mengatur dana tersebut. Meskipun ada imbalan untuk perusahaan asuransi, namun pengelolaan dana bersifat jujur. Sebagai peserta asuransi syariah, anda akan mengetahui berapa persentase imbalan maupun hasil investasi dana tersebut.

Demikian pembahasan mengenai dana tabarru’ dan tujuan asuransi syariah. Semoga menambah wawasan anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.