Inilah Menapa Anda Harus Menggunakan Hosting Murah dan Berkualitas
Source Image : Freepik

Inilah Menapa Anda Harus Menggunakan Hosting Murah dan Berkualitas

Inilah Menapa Anda Harus Menggunakan Hosting Murah dan Berkualitas

Hosting murah memang menjadi incaran bagi para pemilik website, tetapi apa gunanya jika kualitas hosting itu tidak memuaskan? Kualitas suatu hosting tentunya sangat penting. Nah, Anda datang ke tempat yang tepat karena melalui informasi berikut ini, segala pertanyaan tentang hosting yang berkualitas bisa segera terjawab. 

Perbedaan Hosting dan Domain

Sebenarnya, apa, sih perbedaan hosting dan domain itu? Pertanyaan yang satu ini juga biasanya tidak jarang bermunculan di kalangan pengguna hosting yang baru dikarenakan belum tahu perbedaanya. Nah, hosting dan domain memang saling melengkapi dan Anda sendiri harus bisa membedakannya. Secara umum, hosting itu menjadi tempat untuk kita menyimpan data dari website yang kita punya, sedangkan domain memiliki fungsi sebagai alamat website. 

Misalnya saja, www.facebook.com atau www.pexels.com. Website sebetulnya juga memiliki alamat dari suatu kombinasi angka alias IP address, seperti 172.551.20.31. Tetapi, kombinasi angka yang seperti ini akan terasa sulit untuk diingat.

Maka dari itu, dibuatlah sistem penamaan yang lebih mudah alias domain. Jadi, orang-orang tinggal mengetikkan www.facebook.com saja dan halaman website Facebook akan muncul. Hosting dapat Anda ibaratkan juga sebagai hunian atau rumah, sedangkan domain adalah alamat rumahnya.

Tanpa adanya alamat rumah, orang-orang tentu akan lebih sulit untuk menemukan lokasi yang sebenarnya. 

Jenis Hosting Mana yang Cocok untuk Website

Pertanyaan yang sering ditanyakan ialah jenis hosting mana yang paling cocok untuk website juga sering ditanyakan. Jawabannya adalah tergantung jenis website Anda sendiri. Oleh karena itu, perlu untuk mengenal masing-masing jenis hosting. 

Pada intinya, kalau Anda masih pemula dan ingin membuat website pribadi atau website baru yang trafiknya belum terlalu besar, lebih disarankan untuk menggunakan shared hosting. Kalau Anda ingin membuat website yang trafiknya besar, cloud hosting sangat direkomendasikan. 

Baca Juga   Ternyata Ini Manfaat Dari Cloud CDN

Namun, website yang dikelola secara mandiri akan lebih cocok dengan VPS. Selain kapasitasnya yang besar, VPS juga dapat mencapai trafik yang cukup per bulannya. 

Biaya yang Dikeluarkan untuk Web Hosting

Nah, yang satu ini penting untuk Anda ketahui saat menginginkan hosting murah. Anda juga mungkin sering bertanya-tanya terkait biaya yang harus dikeluarkan. Baik itu dengan biaya yang murah atau yang mahal, anda harus bisa untuk mendapatkan web yang memberikan harga murah. 

Kembali lagi ke pada macam-macam jenis hosting, seperti shared hosting yang hanya merogoh kocek atau biaya dengan kisaran harga Rp10-25 ribuan untuk setiap bulannya. Kalau ditotal dengan jumlah pengeluaran, setahun tidak sampai Rp500 ribuan. 

Cloud hosting membutuhkan budget mulai dari 150-720 ribuan per bulan. Hosting yang satu ini memang cukup mahal karena menyediakan full managed dan performa terbaik. Pilihan tersebut akan cocok untuk Anda yang menginginkan website dengan kapasitas besar, tetapi belum terlalu paham akan hal teknis. 

Kalau harga yang ditawarkan VPS, Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran Rp104 ribuan sampai dengan 1 jutaan per bulannya. Biaya yang diperlukan untuk VPS memang lebih murah ketimbang cloud hosting, tetapi Anda perlu melakukan manage pada server VPS sendiri. 

Adapun WordPress hosting memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan shared hosting. Harganya berkisar antara 25-80 ribuan per bulan. Bedanya adalah Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dalam membuat website, baik itu dari instalnya yang dilakukan secara otomatis dan konfigurasi mudah. 

Pembelian hosting murah memang terpisah dari domain, tetapi Anda perlu membeli hosting dan domainnya. Urutannya adalah Anda harus membeli domain terlebih dahulu, kemudian hosting. Namun, tidak perlu khawatir karena di tempat dan jenis yang tepat, Anda akan mendapatkan harga yang benar-benar terjangkau. 

Baca Juga   Penjelasan Cloud Linux Beserta Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.