Saatnya Memulai dengan Mengenal Jenis Hosting Terbaik untuk Digunakan

Saatnya Memulai dengan Mengenal Jenis Hosting Terbaik untuk Digunakan

Saatnya Memulai dengan Mengenal Jenis Hosting Terbaik untuk Digunakan

Jenis hosting yang bisa digunakan bersama-sama dengan biaya sewa murah dan banyak digunakan memang menjadi harapan para pengguna. Namun, sudahkah Anda sendiri menemukan pilihan yang sesuai? Nah, informasi berikut ini adalah tempat yang tepat, di mana setiap jenis hosting yang dibahas akan dilengkapi dengan keunggulan serta kerugiannya.

Apa Itu Layanan Web Hosting?

Layanan web hosting sendiri merupakan layanan untuk penyewaan server dalam menyimpan data sebuah situs. Nantinya, hal tersebut akan ditampilkan pada pengguna internet yang telah mengaksesnya. Guna memahami cara kerja web hosting dengan lebih lanjut, Anda harus mengenali tujuh jenis hosting. 

Jenis Hosting yang Direkomendasikan

Setiap perusahaan web hosting memang menawarkan jenis yang berbeda-beda. Akan tetapi, ada empat jenis layanan hosting yang dapat digunakan secara umum, yakni shared hosting, cloud hosting, VPS hosting, dedicated hosting, dan juga email hosting. Nah, pada list berikut ini, Anda akan diajak untuk memahami langkah-langkahnya. 

  1. Shared Hosting

Jenis yang pertama ini sangat tepat untuk Anda yang belum berpengalaman dalam membuat ataupun menjalankan website. Tidak hanya itu saja sebab layanannya juga cocok untuk website dengan traffic belum tinggi alias memiliki pengunjung sedikit. 

Kelebihannya adalah kemudahan penggunaan yang dapat ditemukan. Jenis hosting juga bersifat fully managed. Dengan kata lain, konfigurasi server dan pengelolaannya bisa ditanggung oleh penyedia.

Dari sisi operasional pun, pengguna shared hosting akan dimanjakan dengan panel kontrol yang mudah dipakai. Misalnya saja, cpanel hosting. Nah, yang lebih menguntungkannya lagi, harga juga terjangkau dan bersahabat. 

Kekurangan ada pada sumber daya yang ditawarkan. Karena itulah, overload yang dihasilkan akan berdampak pada website lainnya.

  1. Cloud Hosting
Baca Juga   Yuk, Optimasi Wordpress Hosting Anda untuk Website yang Lebih Baik

Cloud hosting bersifat fully managed yang ramah pengguna. Dengan begitu, perhatian Anda akan lebih terfokus pada pengelolaan website. Akan tetapi, kekurangan utamanya terletak pada mekanisme yang berarti data website pengguna dapat diduplikasi dan disimpan untuk beberapa server. 

  1. VPS Hosting

VPS alias Virtual Private Server merupakan pilihan yang bisa digunakan untuk pengguna dengan kebutuhan sumber daya besar dan keleluasaan. Nah, konsep dari VPS ini adalah satu layanan yang dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus. 

Namun, sumber dayanya bersifat dedicated yang artinya tidak akan terpengaruh masalah pada website pengguna lain. Anda juga bebas memilih sistem operasi server dan menentukan berbagai jenis kontrol secara baik. 

  1. Dedicated Hosting

Dedicated hosting sebetulnya merupakan update dari VPS hosting. Karena pelayanannya akan fokus saja untuk Anda seorang, tidak perlu takut lagi dengan adanya downtime. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang disediakan lebih besar dari jenis hosting yang sudah ditawarkan di atas. 

Kekurangannya ada pada pengelolaan server yang tidak dilakukan oleh penyedia hosting. Dengan begitu, Anda harus memiliki pengetahuan tinggi terhadap teknis.

  1. Email Hosting

Seperti namanya, email hosting merupakan web hosting yang dikhususkan untuk email saja. Artinya, server yang Anda gunakan memang dirancang untuk menerima email secara profesional dan baik. 

Dengan menggunakannya, Anda bisa memakai domain dengan nama sendiri. Fiturnya pun terbilang lengkap, baik itu dari jaminan email ke konsumen, aman dari adanya spam, dan kemampuan untuk mengirim ribuan email.

Nah, mana jenis hosting yang paling baik untuk kebutuhan website Anda? Jangan lupa untuk menyesuaikannya terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Dengan begitu, keuntungan yang didapat jadi benar-benar bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.