Perbedaan Core vs Threads

Perbedaan Core vs Threads

Prosesor Single Core Vs Multicore

Pertama, kita perlu mengklarifikasi perbedaan antara CPU single-core & prosesor multicore? Sederhananya, CPU single-core hanya akan bisa memproses satu acara dalam satu ketika. Namun, waktu Anda menjalankan beberapa acara secara bersamaan, maka prosesor inti tunggal akan membagi seluruh acara menjadi rabat-potongan kecil & secara bersamaan dijalankan dengan pemotongan ketika, misalnya yang bisa Anda lihat dalam gambar pada bawah ini.

Eksekusi Proses Prosesor Inti Tunggal: Prosesor Inti Tunggal

Kinerja CPU akan tergantung pada jumlah inti pada mesin & kecepatan pada mana masing-masing inti dapat mengeksekusi instruksi. Jadi, bila situs web Anda memuat lambat & Anda mempunyai CPU inti tunggal, mungkin terdapat baiknya membeli server khusus prosesor multi inti atau memutakhirkan paket hosting Anda. Saat ini prosesor jenis ini sudah sporadis digunakan karena kita membutuhkan daya komputasi yang tinggi buat menyelesaikan perkara kita pada waktu yg sesingkat-singkatnya.

Tidak misalnya pemrosesan inti tunggal, ini merupakan cara di mana tugas komputasi dibagi sebagai sub-bagian, & prosesor multicore (beberapa inti CPU) menjalankan setiap sub-tugas secara bersamaan, misalnya yang Anda lihat dalam gambar di bawah ini:

Prosesor MulticoreProses Eksekusi: Prosesor Multi-core

Ini juga dikenal sebagai hukuman paralel lantaran seluruh sub-tugas dieksekusi secara paralel, dan itu adalah berapa poly tugas yang bisa diproses dalam waktu yang sama. Semua prosesor terkini yang dipakai untuk tujuan komersial wajib memiliki prosesor multicore buat merampungkan tugas dalam saat yang lebih singkat.

Baca Juga   Memilih Paket Yang Tepat Untuk Hosting Website

Thread vs Multi Thread

Thread adalah genre kontrol sekuensial tunggal dalam program yang memungkinkan beberapa kegiatan pada satu proses. Namun, proses single-threaded didasarkan pada hukuman acara (atau instruksi) pada satu urutan. Dengan istilah sederhana, satu utas seperti satu perintah yang berjalan dalam satu waktu.

Sebagian besar penghasil prosesor memakai teknik Simultaneous multithreading (SMT) buat memastikan satu prosesor dapat menjalankan poly thread. Multithreading seperti dengan multitasking pada mana beberapa utas dihukum dalam satu saat, & kemampuan multithread mengelola poly permintaan sang pengguna yg sama tanpa membuka banyak salinan program yang berjalan pada personal komputer .

Utas Pengguna vs Utas Kernel

Utas tingkat pengguna merupakan utas sisi pengguna yang ditangani menjadi proses utas tunggal karena kernel tidak mengetahui jenis utas ini. Utas ini jauh lebih cepat daripada utas tingkat kernel lantaran tidak terdapat sinkronisasi kernel yang terlibat.

Utas taraf kernel dikelola oleh sistem operasi secara langsung, dan tidak terdapat kode manajemen utas pada area aplikasi. Aplikasi apa pun dapat direncanakan multithreaded, dan kernel melakukan penjadwalannya berdasarkan thread. Dibandingkan menggunakan utas tingkat pengguna, utas ini lebih lambat buat dibuat & dikelola.

Inti vs Utas

Pertanyaan mana yang lebih efektif – utas vs inti – ditentukan menggunakan mengukur kinerja CPU. Anda bisa menguji ke 2 teknik sendiri dengan menjalankan acara yang sama (program yang memakai thread & inti) dalam setiap jenis CPU yang Anda miliki di mesin Anda. Tentu saja, acara yg memakai ke 2 metode tadi perlu menyebarkan asal daya CPU. Jika Anda memiliki CPU desktop dan laptop, Anda mungkin mendapati bahwa CPU laptop akan berkinerja lebih baik daripada CPU desktop karena jumlah inti yang lebih akbar. Namun, saat menguji pelaksanaan khusus dalam CPU dual-core, Anda akan mengamati disparitas kinerja antara ke 2 mesin.

Baca Juga   Jangan Lewatkan Ini Saat Memilih Web Hosting Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.