Mengenal cPanel Hosting dan Cara Menggunakannya

Mengenal cPanel Hosting dan Cara Menggunakannya

Mengenal cPanel Hosting dan Cara Menggunakannya

cPanel hosting ternyata memiliki sejumlah fungsi, manfaat, dan fitur yang harus Anda ketahui. Setelah mengenal jenis-jenis hosting yang salah satunya adalah shared hosting, cPanel menjadi bagian yang juga harus dipahami. Penasaran? Langsung saja, berikut ini adalah informasinya. 

Apa Itu cPanel Hosting?

cPanel merupakan jenis dari panel kontrol yang berfungsi untuk melakukan pengaturan pada payanan web hosting. Layanan tersebut meliputi database, manajemen file, security, software, dan konfigurasi lainnya. Kalau cPanel ini tidak ada, pengaturan web hosting hanya bisa dijalankan dengan teks saja. 

Itulah sebabnya, cPanel akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface terbaik. Nah, cPanel ini nantinya akan dipasang dengan berbagai sistem operasi layaknya Linux maupun FreeBSD. 

cPanel pada hosting dashboard Anda dapat melakukan sejumlah hal bermanfaat. Misalnya saja, melakukan pengaturan untuk PHP dan Apache Handler, kelola email yang telah mengarah ke domain, serta melakukan upload maupun restock file. 

Fungsi dan Manfaat cPanel Hosting

Sederhananya, cPanel berfungsi untuk memudahkan pengelolaan website yang ada pada akun hosting. Di samping itu, layanan tersebut juga berfungsi untuk menambahkan aplikasi yang perlu dipasang guna mendukung website dengan baik. 

Aspek-aspek yang akan dipermudah dengan layanan ini adalah pengelolaan file website, pengaturan website, manajemen email, pengelolaan domain, dan pengelolaan untuk database. 

Fitur di cPanel

Karena banyaknya menu yang ada, Anda yang baru pertama kali melihatnya pasti akan bingung. Anda datang ke tempat yang tepat karena list berikut ini akan menjelaskan fitur di cPanel secara efektif.

Pengelolaan File Website

Fitur yang satu ini memang bisa dilihat dari garis besarnya. Mulai dari menyunting, menghapus, dan menyalin file yang ada di website dapat dilakukan dengan mudah. Namun, tidak hanya itu saja sebab terdapat pengaturan FTP untuk mengakses file website dari aplikasi FTP klien, tanpa harus melakukan login terlebih dahulu. 

Baca Juga   Bimbang untuk Sewa VPS Hosting? Lihat Dulu Keuntungannya

Ada beberapa fitur yang berhubungan dengan sistem manajemen file pada jenis ini. 

  • File manager. Akses ini akan dipakai untuk membuat, menghapus, ataupun mengubah file tanpa memerlukan aplikasi lainnya. 
  • Images yang seperti namanya, akan digunakan untuk mengatur gambar. Di sini, Anda bisa mengubah format dan ukuran gambar supaya bisa lebih pas. 
  • Directory access merupakan akses yang digunakan untuk membatasi pengguna melalui password tertentu. 
  • Ada disk ussage untuk menampilkan persentase penggunaan disk, tetapi ada pula web disk untuk mengakses file di cPanel. 
  • FTP accounts dan connections berbeda karena yang satu dipakai untuk mengelola File Transfer Protocol (FTP) dan pengelolaan koneksi.

Fitur Pengelolaan Domain

Salah satu menu di cPanel nyatanya memberikan perizinan untuk mengatur domain. Menu tersebut juga berisi sejumlah pilihan layaknya fitur addon domain, redirect, subdomain, dan lain sebagainya. Beberapa fiturnya adalah sebagai berikut.

  • Site publisher yang bisa dipakai untuk membuat website dengan berbagao tampilan template. Opsi ini juga bisa Anda gunakan dalam menampilkan informasi kontak.
  • Addon domains yang efektif dalam menambahkan domain untuk satu akun cPanel.
  • Redirects artinya digunakan untuk melakukan redirect dari satu halaman yang spesifik menuju website. Fitur ini akan dipakai untuk menambahkan URL yang lebih singkat dan baik. 
  • Simple zona editor untuk mengedit A dan CNAME records. Berbeda dengan zone editor yang merupakan fungsi dari gabungan Simple Zone Editor dan Anvanced Zone Editor. 

Dengan pengenalan cPanel hosting tersebut, Anda bisa segera menggunakannya dan menjalankannya dengan baik. Manfaatkan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan dan buatlah prosesnya jadi lebih mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.