Hal Ini Yang Menjadikan Linux adalah Sistem Operasi Terbaik yang Bisa Digunakan
Source Image : Freepik

Hal Ini Yang Menjadikan Linux adalah Sistem Operasi Terbaik yang Bisa Digunakan

Hal Ini Yang Menjadikan Linux adalah Sistem Operasi Terbaik yang Bisa Digunakan

Linux adalah sistem operasi yang memang belum sepopuler Windows, tetapi sudah mulai dikenal dengan kelebihannya. Salah satu kelebihan yang paling disukai oleh pengguna adalah lebih mudah untuk dikembangkan. Nah, Anda yang penasaran dan ingin mencoba untuk menggunakannya, bisa membaca lebih lanjut informasi berikut ini. 

Apa Itu Linux?

Anda bisa mengenal Linux ketika membayangkan ikon penguin dan sebuah sistem operasi. Namun, tidak hanya itu saja sebab Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source dan juga free. Hasil dari perkembangan Linux akan lebih dikenal dengan istilah distro melalui karakteristik dan fungsinya masing-masing. 

Beberapa contoh distro populer yang dinaunginya adalah Fedora, OpenSense, dan juga Ubuntu. Sementara itu, tujuan penggunaan ada pada sistem Ubuntu Server, Ubuntu Desktop, Plasma Mobile, dan juga CentOS. Penggunaannya di desktop memang belum sebanyak Windows, tetapi sejumlah kelebihan yang dimilikinya dapat menjadi sebuah pertimbangan. 

Kelebihan Linux

Dengan adanya sejumlah kelebihan yang diberikan, Anda jadi memiliki alasan untuk menggunakannya. Berikut adalah list-nya.

  1. Gratis

Sistem operasi ini memang gratis dan dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Server maupun desktop juga dapat mendukung pemakaiannya. Namun, tidak hanya itu saja sebab aplikasi yang ada di distro Linux pun dapat digunakan secara gratis. 

  1. Tidak Sulit Untuk Digunakan

Kebanyakan pemula biasanya sudah menyerah duluan saat menemukan sistem operasi baru. Mendengar namanya saja, Anda akan mendapatkan bayangan akan betapa rumitnya penggunaan Linux yang belum familiar. 

Nyatanya, tidak seperti itu, kok. Saat ini, sudah ada distro dari Linux yang lebih ramah pengguna, lho. Kita ambil contoh, Ubuntu adalah sistem operasi yang merupakan hasil pengembangan dari sistem sederhana dan user-friendly dari Linux. 

Baca Juga   Penjelasan Email Hosting dan Keuntungannya

Tidak Ubuntu sebab ada pula penggunaan proses yang berbasis tampilan atau Graphical User Interface (GUI). Dengan adanya GUI, Anda tidak perlu lagi repot untuk mengetikkan perintah menggunakan terminal layaknya command prompt di Windows. 

  1. Aman dan Nyaman

Linux memang terkenal dengan sistem operasinya yang aman, baik dari aksi peretasan maupun serangan virus. Mengapa demikian? Pengguna Linux belum terlalu banyak dan belum menjadi sasaran empuk aksi peretasan dengan malware ataupun virus. 

Selain itu, Linux tidak memberikan hak akses admin kepada pengguna secara default. Hal ini membuatnya berbeda dengan Windows. Pada Linux, Anda harus mengetikkan sejumlah perintah dengan password. Dengan begitu, virus tidak akan menyerang dan mengubah sistem Anda untuk mendapatkan hak akses penuh. 

  1. Performanya Lebih Cepat

Performanya lebih cepat saat Anda melakukan booting, instalasi, hingga penggunaan aplikasi secara umum. Jika Anda termasuk pengguna yang membuka aplikasi secara bersamaan, Linux bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan. Masing-masing akan menjalankan prosesnya, tanpa terganggu dengan sistem secara keseluruhan. 

  1. Punya Banyak Distro

Perbandingan kelebihan dan kekurangan OS Linux tentu akan kurang afdal jika melewatkan distronya. Banyaknya pilihan akan distro merupakan sebuah kelebihan. Beragam pilihannya terdiri dari sistem untuk pengguna umum, edukasi, server, dan juga hacking. 

Perbedaan yang ada tentunya juga menentukan tampilan desktop environment, aplikasi yang disertakan, dan juga arsitektur perangkat. 

Ternyata Linux adalah sistem operasi yang sangat menguntungkan, bukan? Kini, saatnya Anda mencoba untuk menggunakannya dan mencoba fiturnya yang beragam. Anda dapat melakukan pengembangan dengan ide terbaik dan akses yang lebih cepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.