Bimbang untuk Sewa VPS Hosting Lihat Dulu Keuntungannya
Source Image : Freepik

Bimbang untuk Sewa VPS Hosting? Lihat Dulu Keuntungannya

Bimbang untuk Sewa VPS Hosting? Lihat Dulu Keuntungannya

VPS hosting masih membuat Anda bimbang karena sudah menggunakan shared hosting setelah sekian lama, bukan? Pengunjung yang belum stabil pasti juga menjadi alasannya. Nah, kini saatnya Anda lepas dari rasa kekhawatiran karena VPS bisa segera digunakan. Berikut adalah informasi berisi alasan dan kapan harus memakainya.

Alasan Mengapa Harus Pakai Layanan VPS Hosting

Cloud VPS memang memungkinkan Anda untuk memiliki layanan server sendiri. Anda juga tetap memiliki akses penuh ke server Anda, tanpa harus berbagi pada klien lainnya. Namun, tidak hanya itu saja sebab ada beberapa alasan penting yang harus diperhatikan.

  1. Bisa Membuat Sejumlah Akun Hosting Dalam Satu VPS

Kalau Anda menggunakan shared hosting biasa, hanya penambahan domain pada satu akun yang bisa dilakukan, bukan? Kondisinya akan berbeda saat Anda menggunakan layanan VPS. Anda dapat menggunakan panel Web Host Manager (WHM) untuk membuat beberapa akun cPanel.

  1. Tidak Hanya Menjalankan Web Hosting

Tidak hanya menyimpan berbagai macam file sebab Anda juga dapat membuat penyimpanan, seperti One Drive, Dropbox, dan Google Drive. Caranya pun cukup mudah, yakni Anda tinggal melakukan instalasi saja pada pihak ketiga alias FTP. Meskipun lebih rumit dan memakai perintah berupa teks, Anda tetap bisa mencobanya.

  1. Bisa Menggunakan Akses Root

VPS juga dapat menjadi jawaban bagi kustomisasi konfigurasi. Caranya pun cukup mudah, yakni Anda tinggal mengunduh aplikasi tambahan yang tidak bisa dilakukan pada shared hosting. Kalau pengembangan situs web akan menggunakan lavarel, tentu akan ada sedikit kendala yang dialami pada shares hosting. 

  1. Kapasitas Penyimpanan Bisa Di-Upgrade

Di beberapa penyedia shared hosting, ada penentuan untuk batas penyimpanan yang sama di setiap paket. Jadi, meskipun upgrade telah dilakukan, penyimpanannya tetaplah bersifat tetap. 

Baca Juga   Pakai Cloud Hosting, Solusi Terbaik untuk Raih Traffic Tinggi

Berbeda saat melakukan penyewaan VPS, Anda juga bisa melakukan upgrade paket. Resource yang lebih besar akan ada paket yang lebih tinggi. Itu berarti pemindahannya akan lebih mudah untuk dilakukan. 

  1. Mencopot dan Memasang Perangkat Lunak

Pengguna yang telah menggunakan layanan VPS dapat menentukan secara bebas terkait software yang mau dicopot atau dipertahankan. Di samping itu, ada beberapa aplikasi yang sapat ditambahkan oleh pembangun sistem. Jadi, panel dapat dibuat seminimal mungkin dengan kebutuhan sistem yang ada. 

  1. Panel yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kalau panel yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, tentunya akan lebih menguntungkan, bukan? Panel yang tersedia untuk VPS nyatanya bukan hanya WHM. Ada banyak pilihan lainnya yang bisa dicoba, swperti Webuzo maupun VestaCP. 

  1. Sudah Memiliki IP Dedicated

Pada saat melakukan penyewaan VPS, pengguna tentunya akan mendapatkan alamat IP khusus yang dimiliki oleh server sendiri. Alamat IP pun digunakan untuk mengakses server dan memanfaatkan SSH yang ada di browser, bukan domain. 

Berbeda saat menggunakan shared hosting, pengguna harus mengeluarkan biaya untuk memiliki alamat IP Dedicated. Di dalam shared hosting ini, memang bisa digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus. Karena itu, tidak jarang beberapa situs web berbeda akan menggunakan alamat IP yang sama. 

  1. Uptime Jadi Lebih Tinggi

Uptime yang lebih tinggi tentunya akan lebih menguntungkan. Pengguna VPS yang tidak seganas shared hosting membuat kendala menjadi lebih sedikit. Jadi, tidak masalah dengan pengaruh server satu sama lain karena tidak memberikan dampak besar.

Itu dia keuntungan yang Anda dapatkan jika memilih VPS hosting. Di saat pengguna yang lain menggunakan jenis shared hosting, Anda harus mencoba jenis yang satu ini. 

Baca Juga   Manfaat Menggunakan Wordpress Untuk Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.