7 Manfaat Asuransi Syariah

7 Manfaat Asuransi Syariah, Ada Apa Aja sih?

7 Manfaat Asuransi Syariah, Ada Apa Aja sih?

7 Manfaat Asuransi Syariah, ada apa aja sih? – Selain bermanfaat untuk perlindungan atas hal- hal yang sifatnya belum pasti. Asuransi syariah mempunyai manfaat yang lebih spesifik loh. Ulasan ini, akan membahas mengenai 7 manfaat asuransi syariah.

Bagi seorang muslim, alangkah baiknya jika menggunakan produk dari asuransi syariah. Asuransi syariah memberikan manfaat yang lebih besar bagi seorang muslim. Disamping tidak terlibat dalam riba. Asuransi syariah berada dala pengawasan DPS (Dewan Pengawas Syariah).

Yang mana, memastikan perusahaan asuransi syariah tdak keluar dari jalur- jalur syariat islam. Agar lebih mantap, bacalah 7 manfaat asuransi syariah berikut ini.

7 Manfaat Asuransi Syariah

  1. Lebih Terjamin Karena Pengelolaan Dana berbasis Syariat Islam

Manfaat yang paling terasa adalah pengelolaan dana berbasis syariat islam. Artinya, aturan- aturan operasional perusahaan bersumber dari hukum- hukum islam. Sehingga, dalam pelaksanaannya tidak keluar dari syariat agama islam.

Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir akan terkena riba dan hal- hal terlarang lainnya. Selain itu, ada Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang mengawasi kegiatan perusahaan asuransi syariah agar tidak keluar jalur syariat.

  1. Transparansi Dana

Manfaat dari asuransi syariah berikutnya yaitu transparansi dana. Dalam konsep asuransi syariah pengelolaan dana bersifat transparan dan jujur. Itu artinya, perusahaan sebagai pengelola dana akan menyediakan data yang transparan mengenai dana kontribusi yang terkumpul.

Transparansi ini juga disertai dengan asas kejujuran. Dengan begitu, ada keterbukaan atas dana yang mengalir maupun yang diterima perusahaan asuransi syariah.

  1. Tolong Menolong dalam Kebaikan

Karena memiliki prinsip sharing of risk, maka klaim asuransi menjadi tanggungan bersama atau saling tolong menolong. Dengan menggunakan asuransi syariah, secara tidak langsung anda bisa saling tolong menolong dengan sesama muslim.

Baca Juga   Keuntungan Memiliki Asuransi Syariah

Contohnya, saat peserta terkena musibah maka ia akan melakukan klaim terhadap dana kontribusi. Meskipun melalui dana tabarru’, anda sudah ikut membantu meringnkan bebannya.

  1. Beribadah Lebih Banyak

Peserta asuransi syariah secara otomatis akan membayar zakat. Zakat ini untuk membersihkan harta agar mendapat keberkahan. Jadi, selain ibadah yang kita lakukan sehari- hari, mengikuti asuransi syariah juga menjadi sarana agar beribadah lebih banyak.

Seperti, tolong menolong, membayar zakat, dan sebagainya.

  1. Dana Tidak Akan Hangus

Pada konsep asuransi syariah, peserta tidak akan mengenal istilah dana hangus atau dana hilang. Apabila selama masa pertanggungan oleh perusahaan asuransi, peserta tidak melakukan klaim. Maka dana kontribusi akan dikembalikan kepada peserta.

Adapun untuk biaya pengelolaan tertera pada perjanjian yang telah disepakati. Perusahaan asuransi akan mendapat biaya pengelolaan atau imbalan atas pengelolaan dana dengan jumlah sesuai kesepakatan antara peserta dan perusahaan asuransi syariah.

  1. Saling Menguntungkan

Manfaat selanjutnya yaitu saling menguntungkan. Asuransi syariah memberikan keuntungan baik pada perusahaan asuransi syariah (pengelola) dan peserta asuransi. Perusahaan asuransi syariah akan mendapatkan imbalan sesuai kesepakan kedua belah pihak.

Peserta akan merasakan manfaat pengelolaan dana yang transparan dan jujur. Terlebih lagi jika dana tersebut diinvestasikan dan mendapat keuntungan.

  1. Adanya Pembagian Keuntungan

Jika dana tabarru’ ternyata diinvestasikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan syariat yang berlaku. Maka keuntungan hasil investasi akan kembali pada peserta dan perusahaan asuransi syariah sesuai kesepakatan atau perjanjian.

Sederhananya, adanya pembagian keuntungan yang transparan dari perusahaan asuransi syariah kepada peserta.

Demikian mengenai 7 manfaat asuransi syariah. Semoga membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.