7 Keunggulan Asuransi Syariah

7 Keunggulan Asuransi Syariah

7 Keunggulan Asuransi Syariah

7 Keunggulan Asuransi Syariah- Setelah mengetahui manfaat menggunakan asuransi syariah. Pada ulasan kali ini, anda akan mengetahui keunggulan asuransi syariah dari jenis asuransi lainnya.

Baik asuransi syariah maupun asuransi konvensional mempunyai keunggulan beserta kelemahannya masing- masing. Kedua sisi tersebut selalu ada dan menjadi ciri tersendiri dari kedua jenis asuransi tersebut.

Nah, berikut ulasan mengenai 7 keunggulan asuransi syariah.

7 Keunggulan Asuransi Syariah

  1. Menggunakan Konsep Operasional Berbasis Syariat Islam

Keunggulan asuransi syariah yang pertama yaitu konsep operasional berbasis syariat islam. Artinya, asuransi syariah menggunakan syariat islam sebagai acuan atau aturan dasarnya. Bagi umat muslim, menggunakan jasa asuransi yang sesuai dengan syariah sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, kini lembaga keuangan banyak yang tergolong pada riba.

  1. Tidak Ada Sistem Dana Hangus

Jika tidak ada klaim selama masa pertanggungan, biasanya dana premi pada asuransi konvensional hangus. Berbeda dengan asuransi syariah, keunggulannya tidak ada sistem dana hangus. Jika tidak terjadi klaim selama masa pertanggungan, maka dana tabarru’ yang dikumpulkan secara kolektif kepada pengelola akan dikembalikan kepada peserta.

  1. Pengelolaan Dana yang sangat Transparan

Berikutnya, pengelolaan dana pada asuransi syariah sangat transparan dan jujur. Sebagai peserta asuransi syariah, anda akan mengetahui aliran uang masuk dan keluar atas dana tabarru’ tersebut.

Setelah dana terkumpul, perusahaan asuransi akan memberikan data yang jelas mengenai proporsi dana yang diinvestasikan. Transparansi dana tersebut menjadi keunggulan tersendiri dari asuransi syariah.

  1. Adanya Surplus Underwriting

Perusahaan asuransi syariah sebagai pengelola mempunyai kewajiban untuk menginvestasikan dana tabarru’ beserta modal investasi perusahaan. Selanjutnya, investasi tersebut akan menghasilkan keuntungan. Kondisi inilah yang kita sebut sebagai surplus underwriting.

Baca Juga   Apa itu Asuransi Syariah dan Jenisnya?

Ketika hasil investasi mengalami surplus, maka perusahaan asuransi dan peserta bisa membuat kesepakatan berdasarkan akad tertentu. Apakah surplus tersebut akan menjadi cadangan dana atau menjadi dana nisbah atau bagi hasil.

  1. Pembagian Nisbah yang Tinggi

Keunggulan asuransi syariah selanjutnya terletak pada pembagian nisbah. Setelah pengelola menginvestasikan dana serta adanya kesepakatan antara perusahaan asuransi dan peserta untuk melakukan nisbah atas surplus hasil investasi.

Maka, akan ada pembagian nisbah atau bagi hasil kepada peserta dengan proporsi dana sesuai dengan yang tertera pada portofolio investasi. Nisbah tersebut memiliki besaran yang relatif tinggi, sebab pengelola mempunyai imbalan lain atas jasa pengelolaan dana tersebut.

  1. Klaim yang Mudah dan Menguntungkan

Pada saat terkena musibah atau risiko terjadi, peserta akan melakukan klaim terhadap asuransi. Dalam asuransi syariah, peserta dapat melakukan klaim dengan mudah terhadap asuransi yang ia pilih. Apalagi, asuransi syariah pun biasanya menggunakan sistem asuransi cashless.

Selain itu, polis asuransi syariah sangat menguntungkan. Satu polis yang peserta bayar dapat menanggung seluruh anggota keluarganya loh. Bagaimana, asuransi syariah ini sangat menguntungkan bukan? Selain dari sisi syariah, anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya.

  1. Adanya Program Zakat dan Wakaf

Asuransi syariah mempunyai program zakat dan wakaf. Program zakat berfungsi untuk membersihkan harta atau dana peserta yang terkumpul. Selain kita melakukan tolong menolong dengan sesama peserta.

Melalui asuransi syariah, peserta juga ikut berkontribusi dalam program zakat dan wakaf. Sebagai umat muslim, tentunya kita mengetahui besarnya manfaat zakat dan wakaf.

Demikian ulasan mengenai 7 keunggulan asuransi syariah yang sangat menggiurkan. Bagaimana? Apakah anda sudah tertarik untuk menggunakan jasa asuransi syariah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.