11 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Syariah Terbaik

11 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Syariah Terbaik

11 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Syariah Terbaik

11 Tips memilih perusahaan asuransi syariah terbaik – Sebelum membeli produk asuransi syariah, ada baiknya anda memilih perusahaan asuransi syariah terbaik. Dari sekian banyaknya perusahaan asuransi syariah.

Manakah perusahaan asuransi syariah terbaik? Berikut adalah 11 tips memilih perusahaan asuransi syariah terbaik.

11 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Syariah Terbaik

  1. Jenis Asuransi Syariah Apa yang Anda Butuhkan?

Tips pertama, tanyakan pada diri anda jenis asuransi syariah apa yang anda butuhkan? Apakah anda dan keluarga membutuhkan asuransi untuk kesehatan, atau mungkin untuk rencana ibadah haji. Setiap kebutuhan akan menentukan jenis asuransi yang berbeda.

  1. Mencari Informasi Mengenai Perusahaan Asuransi Syariah

Berikutnya, carilah informasi mengenai perusahaan asuransi syariah terbaik dengan rekam jejak yang baik dalam melayani nasabahnya. Hal ini bertujuan agar peserta mendapatkan pelayanan yang baik dari perusahaan asuransi syariah.

  1. Memilih Perusahaan Asuransi Syariah

Melalui informasi seperti pada point 2. Kemudian pilihlah satu perusahaan asuransi syariah yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan dan memiliki pelayanan baik.

  1. Memastikan Legalitas Perusahaan

Pastikan perusahaan asuransi syariah tersebut terdaftar secara resmi dan dalam pengawasan DPS (Dewan Pengawas Syariah). Sehingga legalitasnya tidak perlu diragukan lagi. Hal ini berkaitan dengan pencegahan atas maraknya kasus penipuan melalui perusahaan asuransi.

  1. Mencari Referensi Produk

Merujuk pada kebutuhan anda, carilah referensi mengenai produk yang tersedia dalam perusahaan asuransi syarah tersebut. Produk apa saja yang tersedia, dan bacalah keterangannya dengan seksama.

  1. Memilih Produk Asuransi Syariah yang Sesuai

Pilihlah produk asuransi syariah yang sesuai dengan kebutuhan awal. Pastikan produk tersebut sudah sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan anda. Sebelum itu, anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi yang anda pilih.

  1. Membaca Akad Asuransi beserta Ketentuan dengan Cermat
Baca Juga   Mengenal Dana Tabarru’ dan Tujuan Asuransi Syariah

Jangan lupa untuk membaca akad atau perjanjian asuransi syariah beserta ketentuannya dengan cermat. Anda harus memahami akad apa saja yang digunakan dalam asuransi syariah tersebut. Agar proses asuransi tidak menimbulkan salah paham. Dan menumbuhkan rasa tenang pada peserta asuransi syariah.

  1. Memperhatikan Besaran Dana Kontribusi

Perhatikan besaran dana kontribusi pada produk yang anda pilih. Sesuaikan dan kontribusi dengan kemampuan ekonomi yang anda miliki. Meskipun berperan sebagai proteksi, jangan sampai dana tersebut justru menghabiskan pendapatan anda. Setiap perusahaan asuransi syariah mempunyai besaran dana kontribusi yang berbeda tergantung pada produknya.

  1. Perhatikan Manfaat

Tips berikutnya, tetap memperhatikan manfaat produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi syariah. Dengan kata lain, manfaat ini adalah benefit yang akan anda dapatkan dari produk asuransi syariah tersebut. Jangan asal memilih sesuai dengan tujuan, namun ternyata manfaatnya tidak memenuhi apa yang anda butuhkan.

  1. Membeli Produk Asuransi dari Agen Resmi

Kini banyak agen- agen nakal yang berkeliaran dan mengambil untung atas penjualan polis asuransi syariah. Agar terhindar dari hal- hala tersebut, maka sebaiknya anda membeli produk asuransi dari agen resminya. Bukan kepada calo atau sebagainya.

  1. Jangan Malu Bertanya

Terakhir, jangan malu untuk bertanya. Jika anda masih tidak memahami ketentuan, akad, maupun hal- hal lain yang berkaitan dengan produk perusahaan asuransi syariah. Jangan ragu untuk bertanya dan berkonsultasi untuk mendapatkan produk asuransi syariah terbaik yang sesaui dengan kebutuhan.

Demikian ulasan mengenai 11 tips memilih perusahaan asuransi syariah terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.