Apa itu Asuransi Syariah dan Jenisnya

Apa itu Asuransi Syariah dan Jenisnya?

Apa itu Asuransi Syariah dan Jenisnya?

Apa itu Asuransi Syariah dan Jenisnya?- Pada artikel kali ini, kita akan mengulas mengenai pengertian dan jenis asuransi syariah. Secara umum, asuransi merupakan pengalihan risiko dari pihak tertanggung kepada pihak penanggung.

Meskipun memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda. Namun asuransi syariah mempunyai operasional yang berbeda. Sebelum lebih jauh, kali ini kita akan membahas mengenai apa itu asuransi syariah.

Berkut ulasan mengenai apa itu asuransi syariah dan jenisnya.

Apa itu Asuransi Syariah?

Dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia, asuransi syariah hadir sebagai jenis asuransi yang berbasis islam. Pada pelaksanaannya, asuransi syariah memuat aturan yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadist.

Apa itu asuransi syariah? Asuransi Syariah merupakan salah satu jenis asuransi yang mana peserta asuransi melakukan sharing risk (saling menanggung risiko) dengan cara berkontribusi melalui hibah dana tabarru’ baik sebagian maupun seluruhnya.

Pada konsep asuransi syariah, tidak ada pihak tertanggung ataupun penanggung. Sebab, risiko ditanggung bersama- sama. Dalam artian lain, setiap peserta saling tolong menolong untuk menanggung risiko tersebut.

Risiko sendiri merupakan kejadian yang belum pasti terjadi. Dalam asuransi syariah, perusahaan pemegang dana tabarru’ bertindak sebagai pemegang amanah. Atau pihak yang diberi kepercayaan untuk mengelola dan mengatur dana tabarru’ tersebut.

Perusahaan sebagai pemegang dana tabarru’ atau kontribusi peserta asuransi syariah, memiliki kewenangan untuk mengatur dan menginvestasikan dana tersebut. Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan imbalan atas jasanya dalam mengelola dana tersebut sesuai kesepakatan.

Jadi, asuransi syariah memang unik dan berbeda dengan asuransi lainnya. Selanjutnya, apabila ada peserta asuransi yang terkena musibah atau risiko tersebut kenyataan. Maka, dana tersebut akan digunakan sebagai klaim dari peserta yang terkena musibah.

Baca Juga   11 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Syariah Terbaik

Secara spesifik, asuransi syariah ini bersifat tolong menolong sesama peserta asuransi. Ketika salah satu peserta mengalami musibah, maka dana kontribusi dari masing- masing peserta yang terkumpul sebagai dana tabarru’. Akan menjadi klaim atas asuransi peserta tersebut.

Jenis- Jenis Asuransi Syariah

Tahukah anda, bahwa asuransi syariah ternyata terbagi lagi menjadi beberapa jenis? Berikut adalah jenis- jenis asuransi syariah beserta penjelasannya secara singkat.

  1. Takaful Individu

Takafu Individu merupakan jenis asuransi syariah yang bersifat individual atau pribadi. Manfaat asuransi secara khusus terasa untuk perorangan secara pribadi. Pada Takaful Individu terdapat beberapa produk, misalnya:

  • Takaful dana haji (produk perlindungan dana untuk orang yang berencana naik haji)
  • Takaful dana investasi syariah (produk perlindungan jaminan dana ahli waris jika peserta asuransi meninggal dunia)
  • Takaful dana siswa (jaminan dana pendidikan)
  1. Takaful Kelompok

Takaful kelompok berupa asuransi syariah yang bersifat kelompok. Contohnya yaitu pada sebuah perusahaan. Produk takaful kelompok yaitu :

  • Takaful kecelakaan (proteksi risiko kecelakaan)
  • Takaful al-khairat dan tabungan haji (pendanaan iuran untuk ibadah haji bergilir bagi karyawan)
  • Takaful wisata dan perjalanan (proteksi peserta wisata dari kecelakaan)
  • Takaful pembiayaan (proteksi pelunasan utang bagi peserta yang meninggal dunia sesuai perjanjian)
  1. Takaful Umum

Takaful umum yaitu jenis asuransi syariah yang bersifat umum.  Produk dari jenis asuransi ini yaitu:

  • Takaful kendaraan bermotor (proteksi kerugian pada kendaraan bermotor)
  • Takaful kebakaran (proteksi kerugian dari musibah kebakaran)
  • Takaful Rangka kapal (Proteksi kerugian kerusakan mesin dan rangka kapal)

Demikian mengenai apa itu asuransi syariah beserta dengan jenisnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.